top of page

Kitab Fathurrahman.pdfl



Kitab ini merupakan kitab yang membahas mengenai sebab-sebab turunnya Al-Quran. Pengarang kitab ini adalah Dr. Muhammad Muhammad Muhammad Salim Muhaysin seorang pengajar di Fakultas Syariah dan Ushuluddin di Universitas Islam Imam Muhammmad ibn Suud di Madinah.




Kitab Fathurrahman.pdfl




Dalam menulis kitab ini, Dr. M. M. M. Salim Muhaysin membuat kitab ini menjadi ringkas dengan menyebutkan satu riwayat mengenai asbabun nuzul, kemudian urutan ayat dalam kitab ini disesuaikan dengan urutan mushaf ustmani dan beliau dalam memaparkan sebab turunnya alquran akan menyebutkan ayat terlebih dahulu kemudian asbabun nuzulnya.


Ada banyak sekali kitab yang berjudul Fathurrahman. Hal ini membuat banyak orang kesulitan mencari kitab Fathurrahman PDF. Kitab berjudul Fathurrahman ini hadir dalam berbagai disiplin ilmu mulai dari ilmu tafsir, tabel Alquran, asbabun nuzul dan lain sebagainya.


Selain itu memang kebanyakan dari kitab yang judulnya Fathurrahman ini bahasannya adalah Alquran. Terkait dengan hal ini, ada kitab yang berjudul Fathurrahman fi Tafsir Alquran dan Fathurrahman fi Asbab An Nuzul Alquran dengan penjelasan singkatnya sebagai berikut.


Mulai dari kitab Fathurrahman fi Tafsir Alquran terlebih dahulu. Kitab ini merupakan karya dari Imam Mujir Al Din Al Ulaimi yang merupakan seorang Imam Hambali saat abad kesepuluh Hijriah. Pendekatan beliau dalam tafsir ini sebagai berikut.


Kitab ini sangat direkomendasikan untuk siapa saja yang tertarik mempelajari makna Alquran terutama dalam hal bacaannya. Ada baiknya juga jika Anda menyimpan kitab Fathurrahman PDF satu ini di HP agar bisa membacanya kapan saja dan di mana saja.


Beliau adalah seorang yang menghabiskan masa hidupnya dengan ilmu, bahkan beliau tidur pun sangat sedikit. Beliau sudah menulis banyak sekali kitab, dan kitab Fathurrahman fi Asbab An Nuzul Alquran ini adalah salah satunya.


Beliau menjadikannya sebagai kitab yang ringkas dengan menyebutkan satu riwayat yang menjelaskan tentang asbabun nuzul atau sebab-sebab diturunkannya Alquran. Sedangkan untuk urutan ayat yang dicantumkan dalam kitab ini, juga disesuaikan dengan urutan mushaf Ustmani.


Ketika membaca kitab ini, Anda akan mendapati bahwa Dr. Muhammad Muhammad Muhammad Salim Muhaisin akan menyebutkan ayat Alquran terlebih dahulu baru kemudian menyebutkan sebab-sebab turunnya ayat tersebut.


Membaca dan mempelajari Alquran adalah hal yang sangat dianjurkan bahkan bernilai ibadah dan terkandung banyak kebaikan di dalamnya. Oleh sebab itu, memutuskan untuk memiliki kitab-kitab yang memberikan ilmu tentang Alquran sendiri di rumah merupakan hal yang sangat bagus.


Ada banyak kitab yang membahas tentang Alquran, dua diantaranya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Kedua kitab tersebut merupakan karya dari ulama besar yang tidak asal-asalan dalam menulisnya.


Kedua kitab ini juga kaya akan ilmu dan sudah pasti akan membuat pembacanya jadi bertambah pula ilmunya. Anda pun bebas apakah akan mempelajarinya secara pribadi atau mencari guru khusus untuk belajar Alquran.


Hanya saja, agar ilmu yang didapatkan menjadi lebih mantap dan ketika Anda memiliki pertanyaan bisa segera terjawab, sebaiknya memang mencari guru saat mempelajarinya. Terlepas dari hal tersebut, berikut link untuk mendapatkan file kitab Fathurrahman PDF.


Tentunya, tidak ada perbedaan isi antara Kitab Fathurrahman PDF di atas dengan yang aslinya. Sebab, yang versi PDF ini memuat seluruh isi kitab yang asli tanpa diubah sedikitpun. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu ragu untuk mendownloadnya. Yuk download kitab ini sekarang dan segera dapatkan ilmunya.


Periode keenam dalam sejarah perkembangan hukum Islam di kenal dengan masa taklid, yang dimulai ketika runtuhnya Baghdad di tangan Holagu pada tahun 656 Hijriyah sampai sekarang. Di tengah-tengah fanatik mazhab yang berlebihan inilah lahir Ibn Rusyd yang muncul menulis kitab fikih Bidayah al-Mujtahid, juga sebagai seorang fakih yang anti taklid. Ada beberapa dari metode yang dia digunakan Ibn Rusyd dalam ber-istinbath hukum (ushul fiqh), namun yang menerangkan metodenya belum diperoleh. Penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi metode-metode yang digunakan oleh Ibn Rusyd dalam beristinbath hukum yang termuat dalam kitab fikih Bidayah al-Mujtahid. Temuan-temuannya adalah sebagai berikut : Metode istinbath hukumnya adalah dengan cara melihat berbagai pendapat para imam mazhab beserta dalil dan metode yang digunakan mereka, kemudian membandingkan dan memilih salah satu di antaranya yang lebih kuat dan lebih sesuai untuk diaplikasikan. Metode istinbath hukum Ibn Rusyd juga merupakan ijtihad intiqai dengan menggunakan metode perbandingan mazhab. Dalam menyelesaikan pertentangan antara dalil yang digunakan, Ibn Rusyd menggunakan metode sebagai berikut: Al-Jamu wal al-Taufiq lebih di dahulukan dari pada tarjih. Apabila melakukan tarjih maka; 1) Sunnah yang perawinya lebih banyak didahulukan dari pada sunnah yang perawinya sedikit. 2) Sunnah yang perawinya lebih alim dalam bidang hukum di dahulukan dari pada sunnah yang perawinya kurang kealimannya dalam bidang tersebut. 3) Sunnah yang didukung oleh dalil lain di dahulukan dari pada sunnah yang tidak ada dalil pendukungnya. 4) Sunnah ahad yang shahih lebih di dahulukan dari pada dalil al-khithab dan qiyas. 5) Dalalah manthuq di dahulukan dari pada dalalah mafhum. 6) Dalil yang bersifat khusus di dahulukan dari dalil yang bersifat umum. 7) Ayat yang bersifat umum di dahulukan dari pada qiyas. 2ff7e9595c


5 views0 comments

Recent Posts

See All
!
Widget Didn’t Load
Check your internet and refresh this page.
If that doesn’t work, contact us.
bottom of page